Lencana Facebook

Lencana Facebook

Lencana Facebook

AD (728x90)

Senin, 04 April 2016

Sulut Minatnya, Pembelajaran akan Berkesan

Share it Please


Sulut Minatnya, Pembelajaran akan Berkesan


Kegiatan pembelajaran merupakan jantung dari kegiatan pendidikan di sekolah, tanpa pembelajaran maka ruh sekolah akan hilang. Pembelajaran yang terlaksana setiap hari di sekolah bukan hanya hanya sekedar transfer informasi semata, namun harus memastikan siswa tercapai kompetensinya, hal ini terwujud hanya dengan pembelajaran yang efektif.

Tanpa pembelajaran yang efektif maka tujuan pembelajaran atau bahkan tujuan pendidikan nasional akan sulit tercapai. Pembelajaran efektif harus terlaksana selama proses pembelajaran, tidak ada waktu yang terbuang percuma karena guru tidak menyiapkannya di awal pembelajaran, terkadang kita masih melihat ada guru yang menghabiskan waktu sepuluh menit hanya karena tidak membawa spidol atau kapur tulis.

Salah satu hal penting yang harus kita pikirkan agar pembelajaran kita efektif adalah dengan cara menumbuhkan minat siswa. Merurut Usman Effendi dan Juhaya S. Praja (1984:72): “Suatu kegiatan akan berjalan dengan lancar apabila ada minat, atau motif itu akan bangkit bila ada minat yang besar”. Bahkan dikatakan oleh….tanpa menumbuhkan minat siswa dalam proses pembelajaran, seorang guru hanya akan seperti menempa besi yang dingin.

Banyak guru yang tidak memperdulikan seberapa jauh minat siswa dalam mengikuti pelajaran yang tersaji, guru hanya memikirkan targetan pelajaran yang harus selesai secepatnya, tanpa mencari tahu apakah siswa minat dengan pelajaran saat ini. Untuk membangkitkan minat siswa dibutuhkan pemahaman guru tentang tugas sucinya di kelas, dengan begitu guru akan mencari cara terbaik agar misi sucinya tercapai, dengan begitu akan banyak cara yang terbentang untuk menentukan metode terbaik untuk siswanya.

Awal Februari 2016
saya berkesempatan mengajar di salah satu sekolah dampingan kami, sebagai model, hal ini saya lakukan untuk memberikan gambaran kepada guru proses pembelajaran yang ideal. Modelling adalah bagian dari proses pembinaan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar, mulai dari supervisi, coaching dan modeling.
Pelajaran IPA dengan materi Gerak Benda dengan tujuan pembelajaran siswa dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi gerak benda menjadi “hidangan” yang akan saya sajikan di kelas III saat itu, perlu waktu satu hari untuk saya menyiapkan RPP dan alat peraga yang sesuai dengan materi tersebut, hal ini saya sampaikan juga ke guru bahwa perencanaan harus direncanakan, bukan dadakan jadi memang membutuhkan waktu untuk berpikir.

Kertas, pensil, plastisin, balok, dadu, bola bekel dan bola pingpong menjadi teman saya untuk mengajar saat itu. Saya kumpulkan dalam tas yang saya bawa, sebelum memulai pembelajaran saya pun memompa semangat siswa dengan teriakan anak hebat, siaaappp…anak hebat siaappp. Kemudian saya sambungkan dengan peraturan kelas yang diucapkan bersama–sama, saya anak hebat, datang tepat waktu (dengan gerak tubuh melihat jam di tangan), berdoa sebelum belajar (dengan gerak tubuh menengadahkan tangan), tertib di kelas dan berkata sopan (dengan gerak jari telunjuk didekatkan ke mulut) dan mengerjakan tugas tepat waktu (dengan gerak tangan menulis), hal ini saya lakukan agar siswa mengingat dan memahami peraturan yang sudah mereka buat.

Saya pun mengajukan pertanyaan, ayo coba tebak apa yang ada di dalam tas bapak? Buku, teriak salah seorang siswa, pulpen…makanan, sahut siswa yang lainnya pun membuat riuh kelas. Saya pun membukan isi tas saya, kertas, pensil, plastisin, balok, dadu, bola bekel dan bola pingpong. Dengan benda-benda ini apa ya yang akan kita bahas? Sayapun kemudian mengulas materi pelajaran minggu lalu tentang macam-macam gerak benda dengan mengajukan pertanyaan ke siswa.
Selesai mengulas pelajaran minggu lalu, saya kemudian mendemonstrasikan dengan menggelidningkan balok


Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Odi Azizi. All rights resevered. Designed by Templateism